Science Cyber

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

أَعُوْذُ بِاللِه مِنَ الشََّيْطَانِ الرَّجِيْمِ - بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

EIGRP Cisco

Enhanced Interior Gateway Routing Protocol  (EIGRP) adalah sebuah routing protokol proprietary Cisco longgar yang didasarkan pada IGRP asli. EIGRP juga merupakan suatu jarak vektor-routing protokol canggih, dengan optimasi untuk meminimalkan ketidakstabilan routing yang terjadi setelah perubahan topologi, serta dalam penggunaan kekuatan bandwidth dan pengolahan di router. EIGRP router yang mendukung secara otomatis akan mendistribusikan informasi rute ke tetangga

IGRP yaitu dengan mengubah metrik EIGRP 32 bit ke 24 bit IGRP metrik. Kebanyakan dari optimisasi routing didasarkan pada penyebaran Update Algoritma (DUAL) bekerja dari SRI, yang menjamin operasi bebas loop dan menyediakan suatu mekanisme untuk konvergensi cepat. EIGRP juga mengelola jumlah hop untuk setiap rute, namun hop yang digunakan tidak dalam perhitungan metrik. Hanya diverifikasi terhadap maksimum yang telah ditetapkan pada EIGRP router (secara default diatur ke 100 dan dapat diubah ke nilai antara 1 dan 255). Rute juga memiliki jumlah hop maksimum lebih tinggi daripada akan diiklankan sebagai dijangkau oleh EIGRP router.
         
         EIGRP (Enhanched Interior     Gateway Routing Protocol) adalah juga merupakan sebuah routing protocol yang hanya diadopsi oleh router cisco atau juga sering disebut sebagai proprietary protocol pada cisco, dimana EIGRP ini hanya bisa digunakan sesama router cisco. RIGRP juga menggunakan formula yang berbasis bandwith dan delay untuk menghitung metric yang sesuai dengan suatu rute.

EIGRP sering disebut juga hybriddistance-vector routing protocol, karena EIGRP ini terdapat dua tipe routing
protocol yang digunakan, yaitu distance vector dan link state. Dalam perhitungan untuk menentukan jalur manakah yang terpendek, EIGRP menggunaklan algoritma DUAL (Diffusing Update Algorithm) dalam menentukannya.

Konfigurasinya adalah

router3(config)#router eigrp 10
router3(config-router)#network 150.140.0.0
router3(config-router)#network 10.0.0.0
router3(config-router)#network 7.0.0.0
router3(config-router)#exit

No comments:

والله أعلم بالصواب

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ