Science Cyber

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

أَعُوْذُ بِاللِه مِنَ الشََّيْطَانِ الرَّجِيْمِ - بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Black In News : Black Juga Ada Lubangnya

Maksudnya apa tuch ? Nah ini penjelasannya. Judul di atas yang dimaksud adalah Lubang Hitam atau yang sering di sebut Black Hole. Lubang Hitam itu sendiri berawal dari galaksi luar Bimasakti. Bimasakti itu sendiri isinya termasuk Bumi kita yang selama dari nenek moyang sampai sekarang. Dari wikimedia mengatakan kalau lubang itu sendiri dari pemusatan massa yang sangat besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang besar. Tapi kenapa yach ada lubangnya ?
(Gambar dari NASA)

Menurut teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell and Pierre-Simon Laplace, dan pada tahun 1916 teori ini dikembangkan astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking. Pada saat ini banyak astronom yang percaya bahwa hampir semua galaksi dialam semesta ini mengelilingi lubang hitam pada pusat galaksi. Saya tidak mengerti maksudnya apa. Tapi menurut saya pribadi malah memang ada sejak dulu.

Pada tahun 1967 John Archibald Wheeler yang memberikan nama "Lubang Hitam" sehingga menjadi populer di dunia bahkan juga menjadi topik favorit para penulis fiksi ilmiah. Kita tidak dapat melihat lubang hitam akan tetapi kita bisa mendeteksi materi yang tertarik / tersedot ke arahnya. Dengan cara inilah, para astronom mempelajari dan mengidentifikasikan banyak lubang hitam di angkasa lewat observasi yang sangat hati-hati sehingga diperkirakan di angkasa dihiasi oleh jutaan lubang hitam.
Kata para ilmuwan seluruh dunia mengatakan obyek yang tidak bisa menjaga jarak yang aman dari lubang hitam akan terhisap.Bahaya akan mengancam hanya jika bumi kita berjarak 10 mil dari lubang hitam, dimana hal ini masih jauh dari kenyataan bahwa bumi berjarak 93 juta mil dari matahari. Lubang hitam juga dapat bertambah massanya dengan cara bertubrukan dengan lubang hitam yang lain sehingga menjadi satu lubang hitam yang lebih besar.

Add to Google

No comments:

والله أعلم بالصواب

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ